Sabtu, 11 Mei 2013

Tantangan Kepemimpinan dalam Memimpin Perubahan




LEADERSHIP CHALLENGE in LEADING THE CHANGE

Seringkali perusahaan sulit untuk mengadakan perubahan. Pada hal perubahan adalah proses yang selalu terjadi, sebagaimana proses organic, hanya saja orang sulit untuk menyadarinya.

Seringkali perubahan dimulai karena memang bisnis harus memberikan respons yang cepat terhadap kebutuhan eksternalnya namun jarus menghadapi berbagai kendala secara internal. Dengan demikian maka para manajer memerlukan ketrampilan bagaimana mengelola perubahan dengan tepat dan benar. Perubahan adalah konstan. Perubahan adalah baik bagi kita. Terlalu banyak perubahan bias berakibat buruk bagi kita. Kita memerlukan perubahan yang stimulatif dan kreatif, namun kita juga memerlukan stabilitas dan kerutinan agar membuat kita tetap aman

Ketika kita memimpin suatu unit kerja, banyak tantangan yang harus dihadapi terutama yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini akan membahas mengenai berbagai teknik dalam mengembangkan kepemimpinan agar dapat melaksanakan hal yang luarbiasa dalam organisasi. Selain itu, pelatihan ini akan mengeksplorasi praktek-praktek kepemimpinan dalam mengubah tantangan dan kesempatan menjadi kesuksesan, mengolah dan memanfaatkan konsep kepemimpinan dan manajemen. Secara khusus, pelatihan ini akan membahas kemampuan dasar kepemimpinan dalam mengelola perubahan, yaitu menilai kelebihan dan kekurangan anda sebagai pemimpin, memberikan inspirasi dan memotivasi orang lain dalam mencapai sasaran bersama, membangun kekompakan dan spirit team, serta berbagai teknik dalam menerapkan ketrampilan kepemimpinan secara teratur.


TOPIK BAHASAN

1: UNDERSTANDING ABOUT LEADERSHIP
·         What is leadership?
·         When leaders are at their best: Five Practices and Ten Commitments
·         What followers expect of their leaders: knowing the other half of the story

2: CHALLENGING THE PROCESS
·         Search for Opportunities: Confronting and Changing the Status Quo
·         Experiment and Take Risks: Learning from Mistakes and Success

3: INSPIRING A SHARED VISION
·         Envision the Future: Imagining Ideal Scenarios
·         Enlist Others: Attracting People to Common Purposes



4: ENABLING OTHERS TO ACT
·         Foster Collaboration: Getting People to work Together
·         Strengthen Others: Sharing Power and Information

5: MODELING THE WAY
·         Set the Example: Leading by Doing
·         Plan Small Wins: Building Commitment to Action.

6: ENCOURAGING THE HEART
·         Recognize Contributions: Linking Rewards with Performance
·         Celebrate Accomplishments: Valuing the Victories

7: THE BEGINNING OF LEADERSHIP APPLICATION
  • Become a Leader Who Cares and Makes a Difference.

8: PSYCHOLOGY OF CHANGE
  • Discover the foundational principles for managing change.
  • Theories and Perspectives
  • Principles of Change

9: ADKAR (Awareness; Desire; Knowledge; Ability; Reinforcement) model
  • Fundamentals of managing the people side of change

10: CHANGE MANAGEMENT PROCESS
  • Implement a comprehensive change management
  • Process for Managing Change
  • Organizational Change Competency
  • Connecting Change Management to Business Projects

11: PREPARING FOR CHANGE
  • Utilize assessment tools to prepare a change management strategy.
  • Define Your Change Management Strategy
  • Prepare Your Change Management Team
  • Develop Your Sponsorship Model

12: MANAGING CHANGE
  • Communication Plan
  • Coaching Plan
  • Resistance Management Plan
  • Training Plan
  • Master Change Plan

13: REINFORCE CHANGE
  • Celebrating successes, diagnosing resistance and reinforcing change will make your change management process complete. Use the popular ADKAR model to manage employee resistance, resolve conflicts and identify corrective action steps.
  • How to collect and analyze feedback
  • Diagnosing gaps and managing resistance
  • Implementing corrective action and celebrating successes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar