Rabu, 13 November 2013

Teknik Pidato




TEKNIK PIDATO EFEKTIF
Program pelatihan 2 hari

Pengantar
Sebagai tokoh publik tentunya anda sangat mendambakan agar dapat trampil dalam berpidato sehingga akan meningkatkan reputasi dan dapat dengan mudah mencapai apa yang anda cita-citakan. Jarang orang yang menjadi figur publik dapat memberikan pidato yang memukau dan menginspirasi audiensnya, padahal ketrampilan tersebut bisa dilatihkan dan diajarkan. Pelatihan ini sangat unik, bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, dan sistematis. Disampaikan oleh instruktur berpengalaman, interakktis dan dengan gaya bahasa yang lugas menarik. Pelatihan ini disertai dengan praktek individual sehingga bisa langsung diterapkan dan akan meningkatkan citra kepribadian anda.

Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat:
·         Melakukan pidato dengan efektif dan bagus;
·         Mempengaruhi audiens untuk mencapai tujuan dan maksud pidato;
·         Meningkatkan citra diri;
·         Mendapatkan pengikut yang terinspirasi oleh maksud pidato;


Metode:
·         Kuliah;
·         Diskusi kelas;
·         Diskusi kelompok;
·         Role-play individual;
·         Diskusi insight

Peserta (maksimal 10 orang):
·         Politisi;
·         Calon legislatif;
·         Pejabat;
·         Manajer;
·         Aktivis.




Topik dan Jadwal

Hari Pertama

0830-0900       Pembukaan
                        Identifikasi Harapan Peserta

0900-1000       1. Pengenalan Pidato
2. Etika Berpidato

1000-1015       Break
1015-1200       3. Berbicara dengan Percaya Diri
4. Memberikan Respons terhadap Pidato
5. Analisis Audience
6. Memilih Topik
7. Penelaahan Topik

1200-1300       Break Makan Siang
1300-1500       Praktek kerja kelompok dan individual: Menyusun pidato
·         Briefing;
·         Kerja kelompok dan individual
·         Presentasi dan umpan-balik
·         Diskusi kelas

1500-1515       Break
1515-1700       8. Mendukung Pidato Anda
9. Mengelola Pidato
10. Pembukaan dan Kesimpulan Pidato
                                        





Hari Kedua

0830-1000       11. Menyusun Kerangka Pidato
12. Menyusun Kalimat pidato
13. Menyampaikan Pidato
14. Penggunaan Alat Presentasi
           
1000-1015       Break
1015-1200       15. Berbicara untuk Informasi
16. Strategi Persuasi
17. Struktur Persuasi
18. Pidato pada Kesempatan Khusus
19. Berbicara Dalam dan Sebagai Kelompok

1200-1300       Break Makan Siang
1300-1500       Praktek Pidato Individual #1-#5
·         Briefing
·         Praktek Pidato Individual
·         Diskusi kelas dan Umpan-balik

1500-1515       Break
1515-1700       Praktek Pidato Individual #6-#10
·         Briefing
·         Praktek Pidato Individual
·         Diskusi kelas dan Umpan-balik



FASILITATOR

Bambang Haryanto ialah instruktur dan konsultan independen pada berbagai Training Center, organisasi bisnis dan lembaga, antara lain pernah untuk BCA Group, Salim Group, Bank Tamara, Gajah Tunggal Group, Dharmala Group, Sampoerna Group, Tiga Raksa Group, Modern Group, Napan Group, Lippo Bank, BDNI, dan Bank Artha Graha. Ia memulai karirnya dengan bekerja di berbagai hotel internasional selama empat setengah tahun, bidang sales dan pariwisata selama dua tahun sebelum menjadi dosen di Universitas Terbuka selama enam tahun. Selain menjadi dosen, ia juga bertanggung-jawab serta memimpin banyak satuan tugas untuk menyelesaikan berbagai tugas manajerial dan pengembangan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Tahun 1989, ia memulai bekerja di Divisi HRD dan Training Center BCA sebagai instruktur program-program manajemen dan pengembangan diri. Ia pernah menjadi Kepala Pelaksana Harian BCA Training Center selain menjadi Koordinator Program Pengembangan Manajemen. Ia juga telah berhasil menyusun, mengembangkan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk BCA Training Center.

Tahun 1993, ia memulai karir sebagai instruktur dan konsultan yang bekerja secara mandiri untuk berbagai organisasi bisnis dan lembaga. Hingga saat ini ia telah menyelesaikan dengan baik lebih dari seribu kali berbagai jenis program pelatihan dan konsultasi.

Bambang mempunyai ijasah Master of Education dari Simon Fraser University Canada (1989), Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (1983), dan Diploma III Perhotelan (1978).  Selain itu ia juga sangat berminat dan sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan manajemen umum, manajemen strategik, manajemen operasional, kepemimpinan, penjualan, pemasaran, UKM, dan pelayanan prima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar