PRACTICAL
SERVICE EXCELLENCE
Program
2 hari
RASIONAL
Menenuhi
apa yang diperlukan customer dan cara memberikan pelayanan yang disertai dengan
sikap dan perilaku melayani dengan baik dan benar merupakan esensi dari
organisasi bisnis agar dapat bertahan dan terus berkembang. Untuk itu maka pelatihan dan pengembangan
sikap dan perilaku melayani dan pengembangan sistem pelayanan berupa “standard
service” merupakan aktivitas yang perlu dan penting untuk dilaksanakan. Pelatihan ini merupakan salah satu
kegiatan yang penting untuk mencapai kedua sasaran tersebut.
TUJUAN PELATIHAN
Setelah mengikuti
program pelatihan ini, peserta diharapkan akan mampu untuk melakukan kegiatan
berikut ini:
•
.Mempunyai
sikap dan kemampuan yang mantap untuk melaksanakan pelayanan kepada internal
dan eksternal customer;
•
.Mempunyai
kemampuan untuk bersikap proaktif, bersikap dan
berkomunikasi dengan empati dan assertif, sopan dan santun, serta
dapat membina hubungan baik dengan
internal dan eksternal customer;
•
.Melaksanakan
teknik bertilpon dengan sopan dan santun.
•
.Dapat
menangani dan menyelesaikan masalah keberatan (complaint) dari customer dengan
baik dan bersahabat sehingga dapat menjaga hubungan baik dengan customer.
PESERTA
YANG DISARANKAN
Front-liner
Staff, Back-office, Supervisor, dan SATPAM .
TOPIK BAHASAN
HARI PERTAMA
Pembukaan
dan Identifikasi Harapan peserta terhadap Program Pelatihan
TOPIK 1: PENGENALAN CUSTOMER SERVICE
·
Pengertian
Customer Service
·
“Moment
of the Truth” Customer Service
·
Apa
Akibat Buruknya Pelayanan Internal dan Eksternal
·
Bagaimana
Memberikan Customer Service
·
Komunikasi
Empati dalam Melayani
·
Komunikasi
Assertif dalam Melayani
TOPIK 2: TEKNIK DASAR DAN ETIKET
BERTILPON
·
Komunikasi
dengan Tilpon
·
Berbagai
Standard dalam Bertilpon (Menerima dan Memberi Pesan)
·
Tips
Menerima Tilpon dan Etiket Bertilpon’
ROLE-PLAY INDIVIDUAL DAN FEED-BACK
·
Briefing
·
Role-play
Individual Teknik Bertilpon (Menerima
dan Menilpon); Dasar
Customer Service. Kasus yang digunakan dalam role-play adalah kasus nyata yang
dihadapi oleh masing-masing peserta dalam pekerjaannya sehari-hari.
·
Diskusi
Kelas untuk umpan-balik
TOPIK 3: SIKAP, PERILAKU, DAN
PENAMPILAN DALAM “MELAYANI”
·
Sikap
dan Perilaku yang Diperlukan untuk Memberikan Pelayanan
·
Sikap
dan Perilaku Kerja yang Profesional
·
Penampilan
yang Benar dalam Melayani
HARI KEDUA
TOPIK 4: TEKNIK MENANGANI KEBERATAN DAN KELUHAN (HANDLING
COMPLAINTS)
·
Sikap yang sesuai untuk menghadapi keberatan
·
Strategi umum untuk menangani keberatan
·
Menentukan keberatan yang tersembunyi
·
Metode dasar untuk penanganan keberatan
·
Tipe-tipe keberatan
ROLE-PLAY INDIVIDUAL DAN FEED-BACK
·
Briefing
·
Role-play Individual Menangani Keberatan, Keluhan, dan
Kemarahan Customer. Kasus yang digunakan dalam role-play adalah kasus nyata
yang dihadapi oleh masing-masing peserta dalam pekerjaannya sehari-hari.
·
Diskusi
Kelas untuk umpan-balik
PENYUSUNAN STANDARD SERVICE UNTUK MASING-MASING
UNIT KERJA
FASILITATOR
Bambang Haryanto ialah instruktur dan konsultan independen pada
berbagai Training Center, organisasi bisnis dan lembaga, antara lain pernah
untuk BCA Group, Salim Group, Bank Tamara, Gajah Tunggal Group, Dharmala Group,
Sampoerna Group, Tiga Raksa Group, Modern Group, Napan Group, Lippo Bank, BDNI,
dan Bank Artha Graha. Ia memulai karirnya dengan bekerja di berbagai hotel
internasional selama empat setengah tahun, bidang sales dan pariwisata selama
dua tahun sebelum menjadi dosen di Universitas Terbuka selama enam tahun.
Selain menjadi dosen, ia juga bertanggung-jawab serta memimpin banyak satuan
tugas untuk menyelesaikan berbagai tugas manajerial dan pengembangan dalam
bidang penyelenggaraan pendidikan tinggi.
Tahun 1989,
ia memulai bekerja di Divisi HRD dan Training Center BCA sebagai instruktur
program-program manajemen dan pengembangan diri. Ia pernah menjadi Kepala Pelaksana
Harian BCA
Training Center
selain menjadi Koordinator Program Pengembangan Manajemen. Ia juga telah
berhasil menyusun, mengembangkan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk BCA Training
Center.
Tahun 1993, ia
memulai karir sebagai instruktur dan konsultan yang bekerja secara mandiri
untuk berbagai organisasi bisnis dan lembaga. Hingga saat ini ia telah
menyelesaikan dengan baik lebih dari seribu kali berbagai jenis program
pelatihan dan konsultasi.
Bambang mempunyai
ijasah Master of Education dari Simon Fraser University Canada (1989), Sarjana
Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (1983), dan Diploma III Perhotelan
(1978). Selain itu ia juga sangat
berminat dan sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang berkaitan
dengan manajemen umum, manajemen strategik, manajemen operasional,
kepemimpinan, penjualan, pemasaran, UKM, dan pelayanan prima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar